Kekurangan & Kelebihan Penggunaan Drone dalam Mengamankan Laut Indonesia

Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (english = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Rudal walaupun mempunyai kesamaan tapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak bisa digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri.

Kelebihan dari pesawat tanpa awak (drone) ini bisa menjaga keamanan disekitar wilayah indonesia. Efisien jadi tidak menggunakan pilot manusia, tetapi di kendalikan dengan menggunakan manusia dari jarak jauh. Bisa mengendalikan diri nya sendiri , lalu mengendalikan muatan senjata maupun muatan lainnya.

kekurangan nya pastinya dari segi biaya pasti mahal, lalu jika drone itu sendiri mengalami kerusakan agak susah mencari sparepart nya dan membutuhkan mesin untuk melihat kerusakan nya.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_tanpa_awak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s