Dampak Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beragam dan unik dan merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi orang-orang asing, kebudayaan adalah sesuatu yang mempengaruhi sifat manusia termasuk pikiran dan idea masyarakat tersebut maka dari itu kebudayaan bersifat abstrak. tetapi dengan adanya perkembangan zaman yang sangat pesat bangsa Indonesia mulai melupakan kebudayaan nya masing-masing. Tak ada yang menyangkal bahwa globalisasi sedikit demi sedikit mempengaruhi kebudayaan di Indonesia namun dampak dari globalisasi itu sendiri tak sepenuhnya berdampak negatif dan bahkan ada juga dampak positifnya.

Dampak positif dari globalisasi diantaranya adalah di bidang tekhnologi dan pendidikan datangnya budaya yang masuk ke indonesia sangat berpengaruh terhadap bidang tekhnologi, namun sayangnya tak sepenuhnya berdampak positif misal saja orang Indonesia yang dulu belum mengenal komputer kini semua bidang kerja memerlukan komputer dan negatifnya adalah ketika semua orang mempunyai gadget atau handphone rakyat Indonesia mulai melupakan orang terdekat nya dan sibuk bermain gadget nya.

Dampak globalisasi terhadap kebudayaan indonesia sangat lah beragam dan menimbulkan pro kontra untuk orang yang membahasnya, namun seharunya bangsa Indonesia dapat menyikapinya dengan lebih bijaksana. globalisasi yang datang begitu cepat tak dapat di hindari tetapi budaya Indonesia yang beragam dan unik tetaplah harus di jaga, karena kebudayaan adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s