IOS VS ANDROID

https://i2.wp.com/id.gamesinasia.com/wp-content/uploads/2012/09/iPhone-vs-Android-Featured.jpg

banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan antara ios dengan android, lalu apa perbedaan ios dan android, mana yang lebih bagus? mana yang lebih powerfull? menurut saya keduanya adalah system operasi yang sama-sama bagus dan menarik bedanya adalah ios hanya menggunakan platform sendiri hardware sendiri sehingga terkesan barang yang menarik. Selain itu ios juga mempunyai kesan di mata pengguna nya sebagai barang yang terkesan mewah karena desain dan tampilan nya begitu elegan dan harga yang ditawrakan relatif tinggi, namun begitu bukan berarti android kalah istimewanya dengan ios. Walaupun android adalah sebuah system operasi turunan dari linux yang merupakan system operasi terbuka atau open source namun android pun mempunyai peminat yang sangat banyak karena mempunyai GUI (Graphic User Interface) yang simple dan mudah di gunakan.

Inilah perbedaan spesifik antara android dan IOS :

1. Harga Hardware

dari segi hardware tentu saja android lebih unggul dibanding kan pesaingnya IOS karena android mempunyai harga yang lebih murah dengan spec hardware yang tinggi sehingga aplikasi yang terkesan berat atau memakan memori cukup banyak dapat ditangani dengan baik walaupun dengan harga yang cukup murah, bahkan saat ini banyak platform android yang dijual dengan harga di bawah 1 juta dan spec yang digunakan cukup mumpuni. sedangkan IOS tidak ada platform IOS yang dijual dibawah 1 juta. bahkan harga Aple 3G yang mempunyai spec yang tidak cukup mumpuni masih dijual diatas 1 juta. namun kelebihanya IOS memakai hardware yang dibuat sendiri sehingga tidak perlu memakan hardware dengan spec yang lebih tinggi untuk memaksimumkan kinerjanya.

2. Operating System

Tentu saja walaupun tujuan kamu untuk gaming tapi pasti kamu juga membutuhkan fungsi lain seperti Facebook, Twitter atau mencatat keuangan pribadi kamu. Untuk yang satu ini kamu tidak perlu khawatir karena App Store dan Google Play mempunyai banyak aplikasi untuk kamu lebih dari yang kamu butuhkan.

Tapi sebenarnya cukup sulit membandingkan kedua OS ini karena keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Masing-masing fans juga pasti membela OS-nya masing-masing. Tapi saya akan katakan Android lebih baik untuk kamu yang suka utak atik gadget kamu. Sedangkan iOS lebih simple dan cocok bagi mereka yang mencari OS simple dan intuitive untuk digunakan.

Satu hal yang perlu saya sebutkan adalah masalah support OS dari developernya. Untuk iOS, gadget lama kamu juga masih diperhatikan. Buktinya adalah iPhone 3GS yang berumur 3 tahun pun masih mendapat support iOS 6 yang akan keluar akhir bulan ini. Sedangkan untuk gadget Android upgrade OS kamu akan dibatasi oleh tipe hardware dan vendor seperti Samsung atau HTC.

Sebagai contoh Samsung Galaxy 7.7 yang saya gunakan baru mendapat Ice Cream Sandwich resmi awal bulan ini sedangkan di luar sana sudah banyak yang menggunakan ICS dari awal tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s