TUGAS TOU 05

Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?

 

Jawab :

 

·         Faktor Perubahan Organisasi

 

            Sebuah perubahan dan pengembangan dapatlah terjadi pada apapun dan siapapun tidak terkecuali dengan organisasi. Tidak banyak individu atau organisasi menyukai adanya perubahan, namun perubahan tidak dapat dihindari namun harus di hadapi.

 

            Faktor perubahan dapat terjadi karena 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor   eksternal.

 

Faktor internal

 

            Adalah segala keseluruhan faktor yang ada di dalam organisasi dimana factor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Penyebab perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber. Problem yang sering timbul berkaitan dengan hubungan sesame anggota organisasi pada umumnya menyangkut masalah komunikasi dan kepentingan masing-masing anggota. Proses kerja sama yang berlangsung dalam organisasi juga kadang-kadang merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Problem yang timbul dapat menyangkut masalah system kerjasamanya dan dapat pula menyangkut perlengkapan atau peralatan yang digunakan. Sistem kerja sama yang terlalu birokratis atau sebaliknya dapat menyebabkan suatu organisasi menjadi tidak efisien. System birokrasi (kaku) menyebabkan hubungan antar anggota menjadi impersonal yang mengakibatkan rendahnya semangat kerja dan pada gilirannya produktivitas menurun, demikian sebaliknya. Perubahan yang harus dilakukan akan menyangkut struktur organisasi yang digunakan.

 

Contoh Faktor Internal :

 

–          Perubahan kebijakan lingkungan

 

–          Perubahan tujuan

 

–          Perluasan wilayah operasi tujuan

 

–          Volume kegiatan bertambah banyak

 

–          Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.

 

            Faktor eksternal

 

            Adalah segala keseluruhan faktor yang ada di luar organisasi yang dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Beberapa factor tersebut antara lain : Politik, Hukum , Kebudayaan, Teknologi, Sumber alam, Demografi dan sebagainya. Adalah penyebab perubahan yang berasal dari luar, atau sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Oleh karena itu, jarang sekali suatu organisasi melakukan perubahan besar tanpa adanya dorongan yang kuat dari lingkungannya. Artinya, perubahan yang besar itu terjadi karena lingkungan menuntut seperti itu. Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.

 

Contoh Faktor Eksternal :

 

–          Politik

 

–          Hukum

 

–          Kebudayaan

 

–          Teknologi

 

–          Sumber daya alam

 

–          Demografi

 

–          Sosiologi

 

Dalam sifat dinamisnya organisasi, terdapat factor yang dapat mempengaruhinya, yaitu sebutkan ?

 

            Jawab :

 

·         Faktor Internal :

 

–          Perubahan kebijakan lingkungan

 

–          Perubahan tujuan

 

–          Perluasan wilayah operasi tujuan

 

–          Volume kegiatan bertambah banyak

 

–          Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.

 

Komplesitas merupakan bagian dari struktur organisasi yang mempunyai arti penting bagi seorang manajer, jelaskan arti penting tersebut ?

 

            Jawab :

 

            Karena dalam pengelolaan manajemen informasi pada perusahaan , manajer sangatlah            berperan penting, sehingga untuk mendukung hal tersebut manajer harus memiliki             beberapa keahlian dan pengetahuan manajemen.

 

Sebutkan pentingnya suatu organisasi melakukan restruturisasi pada bidang formalisasi ?

 

            Jawab :

 

            Restrukturisasi diartikan sebagai penataan kembali struktur badan/lembaga sehingga     kinerja badan/lembaga tersebut dapat lebih efektif dan efisien. Kata efisiensi sering        dianalogikan dengan penghematan, yakni usaha-usaha untuk meningkatkan hasil kerja lembaga badan/lembaga sehingga dengan penggunaan sumber daya sekecil mungkin   mendapatkan hasil kerja yang sebesar mungkin.

 

Jelaskan mengapa suatu organisasi lebih baik menggunakan desentralisasi dari pada sentralisasi dalam memanajemen organisasi dan pengambilan keputusan ?

 

            Jawab : sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat                                         diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat.

 

                SUMBER : http://arianus.wordpress.com/page/4/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s