Apa Bedanya Universitas Negri dan Swasta

Setelah lulus SMA nanti, anda akan melanjutkan kemana ?jika anda memilih pendidikan tinggi di unversitas, lalu universitas apa yang anda inginkan. disini saya akan membahas sedikit perbedaan antara unversitas negeri dan swasta, mungkin artikel ini dapat anda jadikan bahan pertimbangan untuk kedepannya. Universitas Negeri adalah universitas yang di biayai oleh pemerintah oleh sebab itu jika anda masuk di negeri biaya yang anda keluarkan relatif murah. katanyaa..

tetapi pada kenyataan nya banyak universitas negeri di indonesia yang masih memasang “tarif” yang tidak sewajarnya bahkan tidak sedikit yang melebihi “tarif” di Universitas swasta. sekarang banyak unversitas swata yang biaya nya murah itu di karenakan universitas swasta hanya membutuhkan mahsiswa!! bukan mahasiswa yang berkulitas. dengan begitu banyak sekali orang -orang yang berbondong bondong daftar ke negeri walalupun tanpa mengetahui alasan kenapa ingin masuk negeri.

Universitas swasta adalah unverirsitas yang di miliki oleh perseorangan ataupun yayasan. namun swasta ini jarang di minati sebagai pilihan awal. apa alasan nya?! bukan karena biaya nya terlalu mahal tetapi karena gengsi!! di zaman sekarang gengsi itu sudah menjadi perilaku wajib setiap manusia entah apa alasanya, dan siapa penerapnya. yag jelas ini adalah salah satu dampak dari perkembangan modern. jadi sebaiknya jangan berkecil hati walaupun kalian hanya sekolah di universiitas swasta, toh orang yang kuliah di negeri saja belum tentu di jamin bekerja. jadi persaingan kalian untuk menjadi orang yang beritelektual bukan hanya sampai disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s